Jumat, 18 Mei 2012

Bandung, Suasana malam yang penuh gairah dan Surga para pencinta belanja

Pose di Ciamplas Walk
Long weekend seperti ini, jangan tanya jalan tol menuju Bandung atau Bogor apalagi ke Puncak, sudah pasti macet, ini benar-benar long weekend, empat hari libur antara tanggal 17-20 Mei, hampir semua perkantoran di Jakarta tutup dan semua pegawai yang berasal dari daerah sekitarnya pulang atau berlibur, jadilah kemacetan panjang di tol Jagorawi yang menuju Bogor atau tol Cipularang menuju Bandung. Tapi kami memaksakan juga berangkat ke Bandung untuk jalan-jalan liburan sekaligus berkunjung ke rumah teman di sana, jadilah kami terjebak kemacetan di antara ratusan atau bahkan ribuan mobil di Cipularang, Apes..

Ini dia Ciamplas Walk - salah satu icon kota Bandung
Bandung memang tiada matinya, kota yang sejuk dan penuh daya tarik, suasana malam di antara tempat-tempat tongkrongan menambah semaraknya kota di malam hari, Bandung juga surga bagi para pecinta shoping, mojang-mojangnya aduhai cantik-cantiknya, tak cukup rasanya jalan-jalanku yang cuma sehari semalam untuk menikmati suasana kota ini.
Kami tiba menjelang magrib, lalu menjemput salah seorang teman dan sekaligus mampir untuk sholat, selang beberapa waktu kami berangkat ke Ciwalk (Ciamplelas Walk), menikmati suasana malam di pusat keramaian kota, keliling sambil mengambil foto untuk diabadikan, Ciwalk memang tempat nongkrong muda-mudi Bandung, di sini ada banyak sekali kafe-kafe dengan disain artistik dan menonjolkan suasan relax untuk membuat suasan kafe senyaman mungkin, selain kafe dan tempat tongkrongan di sini juga banyak penjual pernak pernik dan aksesoris khas bandung, siang hari di sepanjang jalan Ciamplas walk ada banyak penjual pakaian, jika anda mapir ke tempat ini, saran saya buat daftar belanja lebih dahulu, daftar itu akan benar-benar membantu anda mana yang harus dibeli dan mana yang tidak perlu. Setelah puas keliling Ciwalk kami memutuskan mampir ke salah satu kafe sambil juga menunggu teman-teman ngumpul semua, dan kami sengaja menunda makan malam di kafe tersebut.

menunggu makan malam di Punclut
Menjelang malam, dan teman-teman sudah berkumpul, kami naik menuju Punclut, sebuah wilayah pusat makanan yang menyajikan hidangannya khas Bandung, ada banyak warung makanan sepanjang jalan di Punclut ini dan konsepnya hampir serupa, rata-rata lesehan. Dari sini anda bisa menikmati pemandangan kota Bandung dari tempat yang lebih tinggi, dari kejauhan yang terlihat hanya lampu-lampu menerangi jalan-jalan kota Bandung, barangkali karena suasana inilah warung makanan di Punclut ini selalu ramai di malam hari, dan semakin malam akan semakin ramai, tapi sayang sekali saat kami tiba di Punclut Bandung tiba-tiba diguyur hujan.

Untuk dapat menikmati makan malam di Punclut, tenang saja, anda tidak perlu merogoh kocek terlampau dalam, harga rata-rata makanan di sini terjangkau dan bahkan relatif murah untuk ukuran kota Bandung, penyajiannya khas, selain itu sensasi sambal pedasnya benar-benar membuat air mata meleleh, ampun.. pedas amat, sangat pedas untuk membuat saya berkeringat di antara dinginnya Bandung dan hujan serta membuat perut saya terasa panas di dalam. Setelah puas makan malam kami kembali ke Cimahi ke salah satu rumah teman kami “Dako” untuk bermalam di sana.

Destinasi berikutnya adalah Jalan Riau, salah satu tempat belanja di kota Bandung, untuk sampai ke tempat tersebut kami melewati sebuah jembatan layang yang menurut teman kami sengaja di bangun untuk keperluan konferensi Asia Afrika yang pernah diadakan di Bandung, jembatan yang lumayan panjang untuk ukuran jembatan layang. Di Jalan Riau ini memang tidak seramai seperti di Ciamplas walk, tapi jika tidak berhati-hati, tempat ini cukup untuk menguras kocek anda. Dari Jalan Riau kami kemudian menuju Pasar Baru, ini juga merupakan pusat belanja di Bandung, harga barang-barang di sini sangat murah, mengingat Bandung sebagai sebagai pusat konveksi di Indonesia, segala macam jenis konveksi di sini bisa anda temukan dengan harga yang murah, tempat ini memang surga bagi anda para pecinta belanja.

Bandung adalah kota yang nyaman, sejuk, penuh daya tarik, serta penduduk yang ramah, ada banyak tempat yang belum sempat saya kunjungi di kota ini, kunjungan-kunjungan sebelumnya yang sudah pernah saya lakukan rasanya belum cukup untuk menyelami kota ini sebagai salah satu kota destinasi wisata di Indonesia.

Foto-Foto

Salah satu toko aksesoris di Ciwalk

suasana malam di Ciwalk

Mengantri untuk memilih hidangan di Punclut