Kamis, 21 Juni 2012

Pemandian Air Panas, Pacet Mojokerto

Tempat wisata yang satu ini berada di daerah pegunungan yang sejuk, indah, dan alami. Sebuah lokasi pariwisata yang menawarkan sensasi pemandian air panas yang dapat melepaskan letih dan penat setelah sekian lama kita terjebak dalam rutinitas pekerjaan yang seringkali menjemukan.

Lokasi Pemandian air panas ini terletak di Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto Jawa Timur yang mudah dijangkau, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Sepanjang perjalanan menuju lokasi dipenuhi dengan pemandangan alam yang tak kalah elok. Jajaran bukit, aliran sungai bening yang mengalir dan hutan perawan yang masih asri terbentang luas menyambut kedatangan wisatawan yang ingin menikmati pemandangan di sekitar lokasi pariwisata.

Menurut Ibu Arifin, salah seorang penduduk setempat menjelaskan bahwa, ”Siapa saja yang mandi berendam di kolam air panas tersebut, dapat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti encok, pegal linu, rematik, penyakit kulit, dan lain-lain, terutama jika terapi mandi air panas itu dilakukan secara rutin dan berkala.” Asyik juga ternyata, selain rekreasi juga bisa untuk pengobatan berbagai macam penyakit karena sumber air panas dari dalam perut bumi tersebut mengandung belerang.

Untuk masuk ke dalam lokasi pemandian yang menyediakan empat macam kolam dengan berbagai tingkat suhu kolam mulai dari kolam dingin, sedang, panas dan sangat panas tersebut tidaklah mahal, bahkan terkesan sangat murah. Dengan hanya mengeluarkan uang sebesar Rp 6.000,- kita sudah bisa menikmati semua fasilitas kolam itu.

Tak jauh dari lokasi pemandian air panas, masih dalam satu kompleks, tersedia juga kolam pemancingan ikan dan arena bermain anak-anak yang bernama Ubalan. Disini terdapat berbagai macam permainan anak-anak seperti ayunan, mandi bola, sepeda air, dan lain-lain. Jajanan yang ditawarkan juga sangat khas seperti tape ketan hitam yang bisa menghangatkan badan karena di lokasi ini hawanya sangat dingin dan wedang jahe yang rasanya pedas, panas dan tentunya nikmat menemani cuaca mendung berkabut di areal Ubalan, Pacet - Mojokerto.

Selepas mandi air panas anda dapat mampir ke warung-warung lesehan yang berada di atas sebelah kanan pemandian untuk sekedar minum teh panas atau kopi dan makan gorengan,  rangkaian yang menarik bukan. Harga minuman di sini juga relatif sangat terjangkau untuk ukuran lokasi pariwisata, jadi anda tidak perlu hawatir dompet anda jebol dengan nongkrong berlama-lama di warung-warung tersebut.

Untuk oleh-oleh pulang sangatlah menarik; para penjual disana menyediakan berbagai macam buah-buahan, sayur mayur, kripik, dan sebagainya. Harganya pun tergolong miring. Seperti buah alpukat, jeruk, apel, sayur kentang, tomat, sawi, kripik tela, singkong, bawang, dan banyak lagi.

Pemandangan Alam menuju Pacet

Pemandian Air Panas Pacet

  
Menikmati kopi panas dan gorengan di warung selepas mandi air panas
Update  : diedit oleh Admin blog.

2 komentar: