Rabu, 26 November 2014

Tour Singkat Hemat Gunung Bromo, Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran

Kamu ingin mengunjungi tempat-tempat keren di Jawa Timur seperti Gunung Bromo, Kawah Ijen dengan blue fire nya, dan Taman Nasional Baluran yang terkenal dengan sebutan Africa van Java, tapi kamu tidak memiliki waktu cukup panjang sedangkan budget yang kamu miliki terbatas.
Coba lihat itienerary di bawah ini, idealnya untuk mengunjungi 3 spot tersebut kita akan butuh 4 hari 3 malam, tapi dengan itinerary ini, kita bisa menjelajahi tempat-tempat tersebut dalam waktu 3 hari yang singkat dan padat dan hemat, tetapi tetap mempertimbangkan kenyamanan.

Itinerary

Day 1

Kami akan menjemput Anda di Surabaya pagi hari, selanjutnya kita akan berkendara selama kurang lebih 3,5 jam menuju Bromo, tiba di Bromo kita akan berganti kendaraan off road dan menjelajahi Bromo, mengunjungi spot-spot menarik di Bromo antara lain, pertama kita akan menuju padang savanna Bromo yang popular disebut “Bukit Teletubbis” selanjutnya kita akanstop di lautan pasir Bromo dan selanjutnya mendaki ke kawah Bromo, terakhir kita akan menuju Penanjakan untuk menikmati matahari tenggelam dari ketiggian Bromo sambil menikmati view ke pegunungan yang menjadi icon Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.Explore Bromo selesai, selanjutnya makan malam di restaurant local di sekitar Bromo.

Day 2

Dari Bromo kita akan menuju Kawah Ijen di perbatasan kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi, perjalanan akan berlangsung kurang lebih 5 jam dan kita akan melewatikan malam dalam perjalanan ini, sampai tiba di Paltuding pos pertama untuk mendaki ke kawah Ijen, break sejenak kemudian jam 1 pagi kita akan mendaki kawah Ijen untuk menyaksikan blue fire, selama pendakian kita akan banyak berjumpa dengan penambang belerenag tradisional yang mengangkut belerang dari kawah Ijen untuk dijual di kaki gunung. Setelah matahari mulai terbit, kita akan turun dari kawah Ijen dan kembali ke Paltuding. Break dan sarapan pagi restaurant local terdekat. Selanjutnya kita akan menuju Taman Nasional Baluran, perjalanan akan berlangsung kurang lebih 2 jam. Taman Nasional Baluran adalah sebuah miniature savanna dengan kehidupan hewan liar, beberapa orang menyebut bahwa Baluran adalah Afrika di Tanah Jawa “Africa van Java”. Di sini kita kita bisa melihat langsung hewan liar seperti kijang, burung merak di savanna Bekol dan jika beruntung kita bisa menjumpai banteng jawa, sampai menjelang sore kita akan menuju pantai Bama dan bersantai di tepi pantai menikmati moment-moment matahari tenggelam. Check in guest house di tepi pantai Bama, selanjutnya makan malam dan free time.

Day 3

Pagi kita bisa menikmati matahari tenggelam di pantai Bama, selanjutnya kita bisa menuju lokasi bird watching di hutan bakau tak jauh dari pantai Bama sampai jam 7 pagi kemudian sarapan. Selanjutnya check out dari guest house dan meninggalkan Taman Nasional Baluran dan kembali ke Surabaya, perjalanan akan berlangsung kurang lebih 7-8 jam, kita akan tiba di Surabaya menjelang malam. Tour selesai.

Ini memang bukan itinerary ideal, karena itu untuk menggunakan itinerary ini, stamina yang fit dibutuhkan, biar acara penjelajahannya berlangsung dengan lancar dan tetap menyenangkan.